Rabu, 03 Februari 2010

PERBANYAK LINK MASUK DARI WEBSITE LAIN

Pada dasarnya, viral marketing adalah upaya untuk memperbanyak link dari website lain menuju website anda. Semakin banyak link yang masuk, maka akan semakin banyak pula traffic yang akan anda hasilkan. Berikut adalah contoh lain penerapan  viral marketing dalam bisnis anda :
  1. Tawarkan webmaster lain materi/artikel gratis untuk dipasang di website mereka. Masukkan link anda pada setiap artikel tersebut. Materi artikel harus berkaitan dengan website anda karena ini akan membuatnya lebih mudah mendapatkan audiens yang tertarget.
  2. Ketika anda mengunjungi website tertentu dan menikmatinya, tulislah review tentang website tersebut. Tulislah manfaat yang anda peroleh saat mengunjunginya. Katakan kepada sang webmaster bahwa mereka bisa menerbitkan review anda ke dalam website mereka jika mereka mau mencantumkan link menuju website anda.
  3. Ijinkan orang lain mempublikasikan ezine anda ke dalam website mereka. Masukkan iklan website anda dan buatlah link pada setiap berita yang dipublikasikan. Cara ini juga akan menambah jumlah pendaftar mailing list anda.
  4. Promosikan website anda dalam bentuk web book. Desain website anda dengan halaman judul, daftar ini, bab-bab pembahasan dan seterusnya. Ijinkan orang lain untuk menyebarkan web book anda dengan cara membuat link menuju website anda.
  5. Beri pengunjung anda direktori artikel instan. Katakan pada mereka bahwa mereka bisa memiliki direktori artikel untuk website mereka secara cepat dengan cara membuat link ke website anda. Cukup pasang iklan banner anda pada bagian atas direktori artikel menuju halaman utama.
  6. Ijinkan web site lain untuk menggunakan papan diskusi anda untuk pengunjung mereka. Yang mereka lakukan cukup dengan membuat link menuju papan diskusi. Pasang iklan banner anda di bagian atas papan diskusi tersebut.
  7. Rancang website khusus untuk member (members only website). Sampaikan kepada para pengunjung apa saja yang ada di area rahasia tersebut dan berapa biayanya agar bisa mengaksesnya. Tawarkan kepada mereka keanggotaan gratis jika, sebagai timbal balik, mereka membuat link menuju website anda.
  8. Tawarkan kepada para pengunjung pendaftaran gratis menjadi reseller program anda. Atau berikan kesempatan menjadi reseller tersebut hanya kepada customer anda. Beri mereka komisi jika berhasil menjualkan produk atau servis anda. Cukup beri mereka link reseller sesuai dengan id-nya untuk memantau hasil penjualan. Mereka akan berlomba-lomba menyebarkan website anda agar menghasilkan uang tambahan.
  9. Rancang website award (penghargaan) untuk website-website lain. Beri pemenangnya link gambar atau teks menuju website award anda pada halaman web mereka. Cara ini akan menciptakan link menuju website anda dan akan menghasilkan pengunjung tambahan untuk website anda.
  10. Apakah anda menguasai topik-topik tertentu? Tawarkan orang-orang konsultasi gratis melalui email, jika sebagai timbal baliknya, mereka memasang link menuju website anda. Mereka akan merasa penawaran ini sangat berharga karena biasanya biaya konsultasi sangatlah mahal.
  11. Ketika anda membeli produk tertentu dan anda puas karenanya, tulislah testimonial untuk perancang produk tersebut. Pastikan pernyataan kepuasan anda ditulis secara detail. Beri mereka ijin untuk memasangnya di website mereka dengan catatan mereka juga mencantumkan link menuju website anda.
  12. Ciptakan direktori website tentang topik tertentu. Beri orang lain pilihan untuk menambahkan direktori tersebut untuk website mereka cukup dengan cara memasang link menuju direktori anda. Letakkan iklan bisnis anda di bagian atas halaman direktori.
  13. Adakan tukar menukar materi dengan website lain. Anda bisa bertukar artikel, e-book, top ten list, atau yang lain. Keduanya bisa menambahkan tulisan sumber informasi pada bagian bawah materi.
  14. Ijinkan orang lain mendownload software secara gratis dari website anda. Software tersebut bisa berupa freeware, shareware atau demo.
  15. Adakan tukar menukar periklanan dalam bentuk lain kepada mereka yang memasang link menuju website anda. Anda bisa menukarnya dengan iklan ezine, iklan cetak, iklan autoresponder, iklan mini, iklan e-book, dan sebagainya.
  16. Beri mereka ruang web gratis secara gratis. Jika anda memberikannya secara gratis, minta mereka memasang link menuju website anda, misalnya dengan mancantumkan banner kedalam halaman web gratis mereka.
  17. Bergabung atau ciptakan web ring baru. Web ring adalah sekelompok website yang memiliki topik serupa yang setuju memasang link satu sama lain. Untuk menemukan web ring, cukup tuliskan “web ring” di search engine dan anda tinggal memilih yang cocok dengan topik website anda.
  18. Buatlah club atau asosiasi online. Katakan kepada para pengunjung anda apa saja yang ada dalam club tersebut, dan berapa biayanya. Tawarkan kepada mereka keanggotaan gratis jika, sebagai timbal baliknya, mereka memasang link menuju website anda.
  19. Ijinkan orang lain menggunakan servis atau fasilitas online dari website anda jika, sebagai timbal baliknya mereka memasang link menuju website anda. Servis atau fasilitas online bisa berupa account email, submisi search engine, desain halaman web, dan sebagainya.
  20. Tawarkan e-book gratis untuk para pengunjung anda. E-book tersebut harus berkaitan dengan target audiens anda. Ijinkan mereka memberikan e-book tersebut kepada pengunjung dengan cara membuat link menuju lokasi e-book di website anda.
  21. Ijinkan orang lain menggunakan produk-produk gratis dari anda sebagai bonus untuk produk atau servis yang mereka jual. Masukkan iklan atau link anda ke dalam produk gratis tersebut.
  22. Ijinkan orang lain menyediakan servis online milik anda ke dalam website mereka. Biarkan mereka menyediakannya untuk para pengunjung mereka. Bisa berupa email gratis, submisi search engine, iklan mini dan sebagainya.
  23. Ijinkan orang lain menyebarkan desain gratis web anda yang berupa gambar, font, template dan sebagainya. Cukup masukkan iklan anda ke dalamnya atau syaratkan mereka memasang link menuju website anda.
Masih ada banyak lagi ide baru lainnya untuk menciptakan viral marketing. Anda bisa kreatif, dengan memadukan berbagai aspek bisnis yang memungkinkan website anda cepat menyebar seperti virus.

0 komentar: