Rabu, 03 Februari 2010

KUNCI BLOG SUKSES

Internet menawarkan informasi yang sangat melimpah. Jangan pernah mencoba menjadi ahli dalam semua bidang. Jika anda melakukannya, blog anda akan terjerembap ke jurang kegagalan. Karena itu buat blog anda memiliki fokus. Pilih topik yang tidak terlalu luas dan memiliki banyak penggemar. Kemudian berjuanglah di ranah tersebut sampai akhirnya anda diakui sebagai ahli di bidang tersebut.

6 Unsur Blog yang Hebat

Ada sangat banyak blog di internet, tapi sedikit sekali yang bisa disebut blog hebat. Setelah mengamati sekian banyak blog yang terkategori hebat, mereka memiliki kesamaan unsur di dalamnya, yaitu :
  1. Kejelasan pesan yang disampaikan.
  2. Penting bagi banyak orang.
  3. Selalu relevan sepanjang zaman.
  4. Penyampaian ringkas.
  5. Memuat kontroversi.
  6. Memiliki manfaat.
Mari kita urai satu persatu:
  1. Kejelasan pesan yang disampaikan. Blog yang hebat selalu menyampaikan pesan yang jelas dalam setiap postingnya. Ada latar belakang dan tujuan yang ingin disuarakannya. Sehingga pembacanya tidak bingung mau dibawa ke mana muara postingan tersebut. Blog yang hebat selalu mengerti ada jutaan blog di luar sana. Sehingga bila pesan yang disampaikan tak jelas, dengan mudah pembaca akan mengklak-klik mousenya pindah ke blog lain. 
  2. Penting bagi banyak orang. Blog yang hebat memposting hal yang penting bagi banyak orang. Posting dibuat tidak dari, oleh, dan untuk dirinya sendiri. Melainkan untuk kepentingan orang banyak. Karena itu, biasanya yang menjadi tema postingnya juga masalah yang dihadapi banyak orang. Mungkin bisa saja yang ditulis adalah persoalan keuangan tetangganya misalnya, tapi itupun diyakini juga menjadi persoalan banyak orang lainnya di seluruh dunia. 
  3. Selalu relevan sepanjang zaman. Blog hebat selalu menampilkan posting yang relevan dibaca kapanpun. Tidak terikat oleh kurun waktu tertentu. Misal, blog yang membahas tentang traffic. Maka postingnya ada yang berisi tentang cara mengoptimasi search engine. Sampai kapanpun tulisan ini akan dicari orang. Memang baik menampilkan berita atau info terbaru. Tapi dengan menampilkannya, blog tersebut mengambil risiko untuk memenuhi blognya dengan posting yang dibaca sekilas saja. Sebab, di masa berikutnya, posting itu mungkin tak lagi dibutuhkan. Blog tersebut juga pasti kalah bersaing dengan portal berita yang selalu menampilkan info-info paling gres. Karena hanya bisa jadi pengekor saja. Sebab sudah kalah segala-galanya, baik sumber daya manusia, sumber dana, dan sumber berita.
  4. Penyampaian ringkas. Blog yang hebat selalu disampaikan ringkas, tidak bertele-tele, dan langsung menuju sasaran. Setiap kata yang ditulis benar-benar memiliki arti penting untuk menuju kejelasan pesan dan keutuhan makna. Blog yang hebat selalu memahami setiap detik sangat berharga bagi pembacanya. Sehingga tak ada waktu untuk bermain-main dengan kata yang ditulis.
  5. Memuat kontroversi. Biasanya blog yang hebat tanggap dengan situasi yang berkembang. Sehingga persoalan yang tengah menjadi polemik turut menjadi sorotan. Dengan begitu, blog ini menyediakan ruang bagi pembacanya untuk berdiskusi membahas persoalan tersebut. Inipun menunjukkan kalau blog tersebut tak pernah ‘tidur’ dengan situasi yang berkembang di sekitarnya.
  6. Memiliki manfaat. Blog hebat selalu meniatkan setiap postingnya memiliki manfaat. Tentunya, yang dimaksud adalah manfaat bagi orang banyak, bukan bagi diri sendiri. Supaya pembaca yang membaca postingnya bisa mendapat pencerahan. Agar dapat menemukan jalan keluar bagi persoalan yang tengah dihadapinya.
Susah sepertinya untuk mencapai keenam unsur di atas pada blog kita. Tapi bila setidaknya lima unsur saja sudah bisa kita penuhi, berbahagialah. Pengunjung akan selalu membanjiri blog kita. Syukur-syukur kalau bisa memenuhi keenam unsur tadi. Pasti pengunjung tak akan pindah ke lain blog.

0 komentar: