Rabu, 03 Februari 2010

MEMILIH NAMA BLOG

Pemilihan nama blog menjadi salah satu faktor kesuksesan blog. Bila nama yang diberikan tepat, traffic atau kunjungan ke blog anda akan meningkat pesat. Dengan trafic yang tinggi, bukan saja anda jadi terkenal, tapi juga aliran uang makin deras masuk kantong anda.

Untuk memilih nama blog yang tepat, anda bisa lakukan hal berikut :
  1. Riset. Coba buka search engine seperti Google atau Yahoo. Lalu ketik topik blog yang sudah anda pilih. Misal anda bermaksud membuat blog tentang internet marketing. Coba ketik: ‘blog internet marketing’.
  2. Amati dan buka beberapa blog. Dari hasil yang ditampilkan search engine, amati nama-nama blog yang tertera. Boleh juga dibuka beberapa blog yang menarik hati. Amati isinya. (Sekalian buat cari inspirasi isi blog yang akan dibuat).
  3. Cari tahu berapa pengunjung. Dari sekian blog yang namanya sudah anda catat, cari tahu seberapa banyak pengunjung di blog itu. Banyak tidaknya pengunjung bisa bermula dari tepat tidaknya nama blog yang diberikan.
  4. Simpulkan. Setelah mendapat jumlah pengunjung setiap blog, anda bisa melihat nama-nama blog yang sudah populer di bidang yang anda pilih. Sekaligus anda tahu apa kelebihan dan kekurangan blog-blog tersebut.
Setelah riset kecil-kecilan dan sudah tahu nama-nama blog yang sudah ada, sekarang kita cari tahu nama yang paling cocok buat blog kita. Saran saya nama blog itu :
  • Sesuai dengan isi. Saya sarankan nama yang anda pilih sesuai dengan isi blog. Misal tentang internet marketing, baiknya kata ‘internet marketing’ tetap dipakai. Atau bila ternyata sudah dipakai orang lain, anda bisa pilih kata yang berhubungan.
  • Gunakan frasa. Daripada memilih satu kata, lebih baik dua kata sekaligus. Supaya juga membantu membedakan nama blog anda dengan yang lain.
  • Coba cari beberapa alternatif. Misal blog tentang ‘internet marketing’, anda bisa membuat daftar nama yang bisa dipakai seperti ‘money from internet marketing’ atau ‘internet marketing hebat ’.
  • Tentukan. Timbang baik-baik, dari sekian alternatif nama yang anda tulis, nama apa yang paling tepat. Pilih nama yang bisa mewakili isi blog anda secara keseluruhan. Pertimbangkan pula hasil riset anda sebelumnya. Sebagai acuan karakter pengunjung di topik blog yang anda pilih.
Nah nama sudah ditentukan! Kemudian daftarkan nama itu. Ketika mendaftarkan, saran saya :
  • Pilih domain *.com. Karena sebagian besar pengguna internet sudah kadung biasa dengan domain tersebut.
  • Tuliskan dalam satu kata. Nama yang sudah anda pilih lebih baik ditulis menjadi satu kata. Misal “internetmarketinghebat.com”. Hindari memakai dash atau strip (contoh : internet_marketing_hebat.com/internet-marketinghebat.com tidak disarankan).
  • Tambahkan kata. Bila nama blog yang kita pilih ternyata sudah ada yang pakai, tambahkan kata. Tambahan kata upayakan tetap berhubungan dengan nama awal yang dipilih. Misal menjadi “rahasiainternetmarketing.com”.

0 komentar: